1. Pendidik dapat
memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan
Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model
latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials),
model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations),
dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan
pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga
dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka.
2. Kemampuan belajar
peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat
mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu
menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
3. Kecerdasan
psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis
teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang
bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4. Komputer adalah media
atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya
kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut
baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari
peserta didik, untuk belajar, komputer hanya akan menjadi benda mati atau
pajangan yang tidak memiliki manfaat.
5. Komputer juga
merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas seseorang.
Bagi orang yang hobi menggambar atau menulis, ia dapat menggunakan komputer
untuk mendukung karyanya. Dengan komputer kita dapat menciptakan design kita
sendiri dengan bentuk dan warna yang menarik.
Sumber : http://manfaatkomputerdalamduniapendidikan.blogspot.com/
04.35 |
Category:
COMPUTER
|
0
komentar
Comments (0)